Selamat Datang Di gemstone-guans. Bagi para penggemar batu permata dan batu gambar kami sangat berterima kasih atas saran & pendapat anda untuk saling berbagi pengetahuan disini untuk menjalin persahabatan di jejaringan sosial di dunia maya

Selasa, 13 Desember 2011

SPINEL


VARIASI WARNA: Merah, kuning, Biru, Hijau, Hitam
KADAR TRANSPARANSI: Transparan
KILAP POLIS: Kilap intan
INDEKS BIAS: 1,712 - 1,736.
KADAR KERAS: 8.
BERAT JENIS: 3,58 – 3,61.
FORMULA KIMIA: M9(A12O)
SISTEM KRISTAL: Isometrik
WILAYAH PENGHASIL: Myanmar(Burma), Thailand, Srilangka, Brazil, Thailand, Kamboja, Afganistan, Tanzania, Vietnam, Rusia.
AURA BATU: Memancarkan charisma dan ketegaran; memupus rasa rendah diri.


Jenis batu Spinel kurang popular di Indonesia. Yang beredar kebanyakan berasal dari Srilangka dengan warna merah keunguan ,bila d faset dan mempunyai warna merah yang pas bisa mirip Ruby meski agak berbeda kilaunya. Kebanyakan orang kesulitan membedakan Ruby dan Spinel merah karena keduanya nyaris sama. Perbedaan yang mendasar hanyalah komposis kimiawi. Ruby berunsur kimiawi Alumunium Oxida sedangkan Spinel terdiri dari unsur Magnesium Alumunium Oxida. Namun Spinel lebih bervariasi karena unsur Magnesium dapat digantikan oleh unsur besi, mangan ataupun zinc dan chromium serta besi bisa menggantikan alumunium. Karena unsur tadi Spinel dapat ditemukan bermacam-macam warna seperti biru, pink, orange, hijau, hitam. Spinel merah yang sempuna termahal dibandingkan Spinel warna lainnya, terkadang ditemukan Spinel yang mempunyai star 4 berkas atau 6 berkas star. Spinel termahal merah membara mirip ruby 250 karat terpasang pada mahkota kerajaan inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar