Selamat Datang Di gemstone-guans. Bagi para penggemar batu permata dan batu gambar kami sangat berterima kasih atas saran & pendapat anda untuk saling berbagi pengetahuan disini untuk menjalin persahabatan di jejaringan sosial di dunia maya

Senin, 05 September 2011

RUBY/ROBIJIN ATAU MIRAH



VARIASI WARNA: Merah darah, Keunguan, Kecoklatan.
KADAR TRANSPARANSI: Transparan, Transulan, Opak.
KILAP POLIS: Kilap intan, Kilap kaca
INDEKS BIAS: 1,776-1,774.
KADAR KERAS: 9.
BERAT JENIS: 3,97-4,00
FORMULA KIMIA: A12 O3
SISTEM KRISTAL: Heksagonal.
WILAYAH PENGHASIL: Myanmar, Srilangka, Muangthai.Tanzania, Pakistan, India, Madagaskar, Amerika Utara, Australia, Pakistan, Indonesia (Kalimantan,sangat jarang di Sulawesi Selatan
AURA BATU: Memancarkan kewibawaan, Menumbuhkan rasa percaya diri dan Percintaan.


Sesungguhnya merah ini terdiri atas Alumina (alumunium) dengan campuran Zuorstof (Zat asam) (A2O3) terkadang batu merah darah harganya bisa lebih mahal dari intan. Yang termasyur adalah merah birma yang di juluki Lord of the rubies dan besarnya sama dengan sebutir telur burung merpati warnanya merah darah tulen. Yang berwarna merah darah mendekati merah jambu muda adalah batu mirah Ruby Ceylon. Sedangkan ruby siam kurang kilaunya dan warnanya pun kuning coklat, Jenis mirah ini di kurang hargai. Ini di sebabkan dalam batu mirah siam terdapat banyak urat-urat dan coret-coret yang membuat batu ini tampak kotor.
Seperti kebanyakan batu mulia, demikian pun batu mirah mengandung pospor yang jika kena cahaya matahari atau jika dimasukan kedalam wajan dengan derajat panas yang tertentu mengeluarkan sinar terang.
Yang di namakan mirah delima adalah mirah Srilangka. Warnanya merah dengan agak putih dan bentuknya seperti biji delima besar.
Dari cerita sekian banyak orang tentang mirah delima. Yaitu jika di letakan di dalam suatu ember atau secangkir gelas bening airnya berubah merah, tetapi tidak demikian. Menurut para ahli batu permata pernah melihat mirah delima yang bening Kristal di masukan kedalam sebuah gelas kecil berisi air, Lalu di lihat di bawah sinar matahari atau lampu, Sinarnya akan merah semeringah itu memantul dan tampak mirah lsebagian air dalam gelas itu seperti kemerah-merahan. Batu jenis ini harganya sangat mahal. Ada juga jenis mirah lain yang di sebut mirah daging dari Siam dan Kalimantan, termasuk golongan Robijin Spinel.
Mirah terdiri atas alumunium dan menjadi merah, Karena tercampur dengan Chrominium di sebut Robijin (Ruby). Kalau tercampur sedikit titanium warnanya berubah menjadi biru namanya Safir (Saphire). Jika tercampur Irion (Zat besi ) lalu mirah ini menjadi Safir kuning. Oleh karena itu safir tergolong Corundum (Koround).
Ruby dan Saphire masih saudara sekandung dari keluarga mineral korundum. Mereka yang terlahir baik warna merah, Baik yang kecoklatan-coklatan maupun yang keungu-unguan, Biasanya di sebut Ruby. Sementara semua keluaraga korundum yang warna lain di beri nama Sapphire.
Sebagian Ruby, Bila di asah model polosan (Cabochon), Bisa memunculkan efek Asterisma pada permukaannya. Adanya star ini bisa sangat mempercantik penampilan sebutir batu Ruby sehingga secara otomatis harganya menjadi mahal. Namun sayangnya, Ruby yang berstar kadar transparansinya cenderung agak berkabut”. (Karena itulah yang menghasilkan efek starnya). Sehingga harga, tetap saja tak sebanding dengan yang bersih bening .
Bahan Ruby yang terbaik hanya di hasilkan di sekitar wilayah Mogok, Myanmar. Di mana dia sudah mulai di tambang sejak 700Tahun yang lalu. Kebanyakan batu Ruby berkualitas yang beredar di pasar sekarang ini berasal dari Srilangka (Dengan warna merah agak kecoklatan). Tetapi dalam hal mutu dan harganya tidak satu pun menandingi Ruby Burma (Myanmar) yang terkenal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar